Cara Bergerak Ular Ada 4 Macam

Advertisements
Setiap hewan akan berbeda-beda cara mereka bergerak, termasuk juga cara bergerak buaya dan cara bergerak ular. Ular ini tergolong hewan yang sangat berbahaya jika ia merasa terancam, karena ia bisa menggigit menggunakan taringnya serta terdapat bisa yang sangat mematikan. Lalu akan terbesit dibenak pertanyaan kamu tentang bagaimana ular itu berjalan atau bergerak? apakah menggunakan kaki, perut, sayap atau malah sirip? Kesemuanya itu akan kami jelaskan disini, jadi simak secara keseluruhan ya.

Cara Bergerak Ular

Cara Bergerak Ular
Para peneliti di Amerika Serikat telah mengemukakan bahwa pergerakan ular ini dipengaruhi oleh bentuk rangka mereka, percobaan ini dilakukan pengamatan dengan meletakkan ular didalam kain yang diikat, dan hasilnya ularpun bisa keluar masuk bebas tanpa hambatan. Ini terjadi karena pergesekan struktur tulanglah yang menjadikan ular bisa bergerak tanpa menggunakan bantuan alat apapun (tanah, batu kerikil, kayu) dan pergerakan ularpun berbeda-beda tergantung dari tempat dimana ular itu berada.

4 Macam Cara Ular Bergerak

  1. Cara ular bergerak serpentin (Serpentine), yaitu ular bergerak maju dalam kurva berbentuk huruf “S” dengan sisi-sisi tubuh mendorong permukaan tanah yang tidak rata. Gerakan ini biasanya dilakukan di tanah maupun di air. Jika di air, gerakan ini mudah dilakukan karena kontraksi otot ular dapat mendorong air terus menerus, sedangkan jika di tanah gerakan ini di bantu oleh kontur tanah maupun bebatuan.
  2. Cara ular bergerak konsertina (Concertina), dilakukan dengan cara ular memendekkan dan memanjangkan tubuhnya dengan ekor menambatkan tubuh. Gerakan ini biasanya dilakukan di permukaan yang datar, juga digunakan oleh ular untuk memanjat.
  3. Cara ular bergerak linier (Caterpillar), gerakan ini merupakan pergerakan ular yang lambat dengan menggunakan gelombang kontraksi otot menggerakkan tubuh ular ke depan dengan sisik-sisik perut mencengkram tanah.
  4. Cara ular bergerak menyimpang (Sidewinding), gerakan ini dilakukan dengan kepala ular bergerak ke samping dan maju, diikuti bagian tubuh lainnya dengan jejak berbentuk batang yang jelas.
Berdasarkan penjelasan dari 4 macam jenis ular bergerak maka dapat disimpulkan bahwa ular adalah salah satu hewan yang memiliki rangka untuk menggerakkan tubuhnya, yang mana terdiri dari atas tulang tengkorak, tulang badan, dan tulang ekor. Tulang belakang ular terdapat paling sedikit seratus ruas yang saling lekat dalam persendian. Sendi ini berfungsi untuk melekatkan tulang-tulang ini supaya dapat bergerak tanpa terlepas dari tulang-tulang lainnya. Hal tersebut memudahkan ular untuk bergerak.

Tulang rusuk pada ular tidak melekat dengan tulang dada dan tulang belakang, tetapi tulang rusuk itu dihubungkan dengan tulang belakang dan otot yang elastis, sehingga ular dapat mengembangkan rongga dadanya. Ular tidak memiliki tulang tungkai karena ular bergerak merayap. Gerakan memutar pada ular merupakan fungsi dari tulang aksis. Mungkin itu yang bisa kami sampaikan terkait dengan cara bergerak ular, kamu juga bisa membaca tulisan sebelumnya mengenai buaya terbesar di negara indonesia, semoga bermanfaat.
Advertisements

Artikel Terkait Cara Bergerak Ular Ada 4 Macam

Judul : Cara Bergerak Ular Ada 4 Macam
URL : http://letepah.blogspot.com/2017/08/cara-bergerak-ular.html
Berikan Komentar Membangun mengenai Cara Bergerak Ular Ada 4 Macam Diharapkan (BUKAN SPAM).

0 komentar:

 

Letepah Blog Copyright © 2009 Community is Designed by Bie