Cara Bergerak Hewan Secara Lengkap

Advertisements
Dikesempatan yang sangat bagus ini kita semua akan belajar mengenai cara bergerak hewan, tentu banyak dari kalian yang mungkin belum faham betul cara hewan itu bergerak ataupun hewan itu gerak menggunakan apa? Kesemuanya itu akan kami bahas lengkap pada artikel ini. Seperti yang telah dipelajari bahwa salahsatu dari sifat makhluk hidup adalah bergerak. Kebanyakan hewan bisa berberak dengan banyak cara, tergantung dari tempat habitat tempat tinggalnya.

Cara Bergerak Hewan

Contohnya hewan yang hidup didarat, mereka bergerak dengan cara berjalan, berlari dan merayap. Sedangkan hewan yang hidup di udara maka cara bergeraknya adalah dengan terbang, begitu juga hewan yang hidup di air, cara mereka bergerak yaitu dengan berenang. Nah berikut ini penjelasan dari masing-masing cara bergerak hewan yang terbagi dalam 6 kelompok, yakni berjalan, melompat, terbang, berenang, melata, dan merayap atau merangkak.

Pengelompokkan Hewan Berdasarkan Cara Bergeraknya

1. Cara Bergerak Hewan dengan Berjalan.

Hewan pejalan kaki mempunyai kaki yang kuat. Telapak kakinya dirancang  khusus untuk berjalan. Contoh hewan yang berjalan adalah ayam, banteng, rusa, anjing, semut, tikus, sapi, harimau, kucing, jerapah, gajah, kuda, monyet dan unta.

2. Cara Bergerak Hewan dengan Melompat.

Hewan melompat memiliki kaki. Kaki belakangnya panjang dan kuat. Contohnya katak, belalang, jangkrik, kangguru, tupai, dan kelinci.

3. Cara Bergerak Hewan dengan Terbang.

Hewan terbang dengan sayapnya. Berbagai jenis burung bergerak dengan terbang. Contoh lainnya adalah kelelawar, kecoa, kupu-kupu nyamuk, dan lebah.

4. Cara Bergerak Hewan dengan Berenang

Hewan yang hidup di air pandai berenang. Mereka berenang dengan alat geraknya contohnya ikan berenang dengan menggunakan sirip dan ekornya, termasuk juga hiu, lumba-lumba, lele. Bintang laut, udang, ubur-ubur, cumi-cumi, gurita, anjing laut dan pinguin berenang dengan sayap dan kakinya.

5. Cara Bergerak Hewan dengan Melata.

Hewan melata yaitu hewan yang bergarak dengan otot perut. Contoh ular, bekicot, cacing tanah dan lintah/lipan.

6. Cara Bergerak Hewan dengan Merayap atau Merangkak.

Hewan merayap atau merangkak, yaitu hewan yang mempunyai kaki, tetapi bukan untuk berdiri melainkan untuk mendorong tubuh.Saat bergerak perut hewan ini menempel pada tanah atau tempat berjalan. Hewan merayap atau merangkak, misalnya cicak, kura-kura, kadal, buaya, dan komodo.

Pengelompokkan Hewan Berdasarkan Tempat Hidupnya

1. Hewan Darat

Hewan Darat
Umumnya semua hewan yang hidup di darat ini mempunyai tulang dan otot yang kuat. Tulang dan otot tersebut diperlukan untuk mengatasi inersia (kecenderungan tubuh untuk diam ) dan untuk menyimpan energi pegas (Elastisitas) untuk melakukan berbagai aktivitas. Berikut adalah tiga contoh hewan yang bergerak di darat.
  1. Gajah
  2. Kuda
  3. Harimau

2. Hewan Air

Hewan Air
Air memiliki kerapatan lebih besar dibandingkan udara. Air memiliki gaya angkat yang lebih besar dibandingkan udara. Tubuh hewan yang hidup di air memiliki massa jenis yang lebih kecil daripada lingkungannya. Gaya angkat air yang besar dan massa jenis hewan yang kecil menyebabkan hewan dapat melayang di dalam air dengan mengeluarkan sedikit energi. Salah satu bentuk tubuh yang dimiliki oleh hewan di air adalah bentuk torpedo. Berikut adalah tiga contoh hewan yang bergerak di air.
  1. Ikan Hiu
  2. Lumba-lumba
  3. Salmon

3. Hewan Udara

Hewan Udara
Tahukah kamu bagaimana cara burung terbang? Hewan-hewan yang terbang di udara memiliki cara yang unik. Tubuh-tubuh hewan tersebut memiliki gaya angkat yang besar untuk mengimbangi gaya gravitasi. Salah satu upaya untuk memperbesar gaya angkat adalah menggunakan sayap. Tahukah kamu bentuk sayap airfoil?  Bentuk sayap airfoil adalah bentuk sayap yang membuat udara mengalir pada bagian atas lebih cepat daripada bagian bawahnya. Berikut adalah tiga contoh hewan yang bergerak di udara.
  1. Elang
  2. Burung Merpati
  3. Kolibri
Mungkin itulah yang bisa kami sampaikan terkait dengan cara bergerak hewan secara lengkap dan kami juga sertakan pengelompokkan hewan berdasarkan tempat tinggalnya, apabila ada yang ingin ditanyakan seputar penjelasan diatas maka jangan sungkan untuk menuliskannya pada kotak komentar dibawah, supaya kedepannya tulisan ini akan semakin bagus lagi, sekian dan terimakasih.
Advertisements

Artikel Terkait Cara Bergerak Hewan Secara Lengkap

Judul : Cara Bergerak Hewan Secara Lengkap
URL : https://letepah.blogspot.com/2017/08/cara-bergerak-hewan.html
Berikan Komentar Membangun mengenai Cara Bergerak Hewan Secara Lengkap Diharapkan (BUKAN SPAM).

1 komentar:

Unknown on 17 Juli 2019 pukul 16.40 mengatakan...

Sangat bermanfaat terimakasih

Posting Komentar

 

Letepah Blog Copyright © 2009 Community is Designed by Eswete